Cara Membuat Sandal Dari Kain Perca Bisa untuk Hotel dan Rumahan

Cara Membuat Sandal Dari Kain Perca Cantik Bisa untuk Hotel dan Rumahan

Salah satu kerajinan dari kain perca adalah sandal hotel. Pernah kan kalian menginap di hotel dan dikasih sandal kamar yang ringan? Yups. Kali ini kita akan membuat itu. Sandal hotel dari kain perca batik.

Biasanya sandal hotel ini warnanya putih. Bayangkan kalau sandal-sandal ini berarakter seperti kartun, batik, dan sebagainya. Pasti akan lebih cantik. Pembuatan sandal cantik ini tidak hanya bisa dipakai di hotel, melainkan di rumah agar kaki tidak kedinginan atau menginjak lantai kotor.

Baca Juga : Mengenal Macam-macam Tusuk Hias dan Gambarnya untuk Kreasi Makin Cantik

Cara Membuat Sandal Hotel dari Kain Perca

Sayangnya, bahan sandal dari kain perca ini tidak tahan air. Jadi ya, kita memang harus melepasnya saat ke kamara mandi. Tapi nggak apa-apa. Kita coba yuk membuatnya.

Alat Bahan Sandal Kain Perca

Berikut adalah beberapa bahan sandal dari kain perca:

  • Kain motif
  • Lem uhu
  • Spon
  • Kertas karton
  • Benang nilon
  • Jarum jahit
  • Gunting
  • Pita ukur

Cara Membuat Sandal Dari Kain Perca

Untuk bagaimana cara membuatnya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan kertas karton. Buat pola menggunakan pensil sesuai dengan ukuran sandal yang akan diproduksi. Jangan lupa bikin bagian kanan dan kiri. Lalu gunting pola. 
    Pola Sandal Hotel
    Pola Sandal Hotel

  2. Buat bahan atau alas dan bagian atas sandal dengan menggunting spon atau busa ati tadi. Gunting sesuai pola.
  3. Lelakkan pola yang sudah kita bikin di atas kain batik atau kain motif. Buat garis bantu dan potong. Jangan lupa beri space 2 cm untuk kampuh.
  4. Kita bikin tali atau atasannya dulu. Tumpuk dari mulai busa ati, dan kedua bahan kain yang saling berhadapan. Jahit, lalu balik.
  5. Untuk cara membuat alasnya, samakan dengan langkah nomor 4. 
    Cara Membuat Sandal Hotel dari Kain Perca

  6. Satukan bahan kain yang sudah berbentuk sandal dengan alas sandal. Kemudian lem atau jahit. Ini sama persis caranya dengan membuat atasannya tadi.
  7. Jahit dengan banang nilon untuk pinggirnya agar lebih kuat. Jika kesusahan dalam menjahit tangan, kita bisa makai mesin jahit.
  8. Satukan alas dan bagian atas sandal. Lalu jahit dan rapikan. 
    Alat Bahan Sandal Kain Perca

  9. Sebagai finishing sandal perca, kita bikin keliman kecil di bagian sekeliling atau pinggiran sandal. Jangan lupa untuk kelim kita potong kainnya serong, ya.

Sandal dari kain perca kita sudah jadi. Jika dijual, jangan lupa untuk mengemasnya agar terlihat lebih cantik, ya. Pada dasarnya cara membuat sandal hotel dari kain ini banyak macamnya. Tinggal bagaimana kreativitas kita saja.

Alat Bahan Sandal Kain Perca

Agar tidak ribet, pilih cara yang paling mudah menurut kita. Untuk agar lebih laku, publish karyamu di sosial media. Siapa tahu ada pihak hotel yang suka dan melirik karyamu buat diborong. Sukses selalu.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu