Cara Mencari Orderan Jahitan Agar Usaha Jahitmu Makin Ramai


Ketika kita sedang memulai bisnis, apapun bisnis tersebut tentu tidaklah bisa untuk langsung sukses dan meghadirkan banyak klien. Harus ada perjuangan di sana termasuk juga dengan menjadi penjahit. Kita harus belajar cara mencari orderan jahitan agar bisnis kita tetap berjalan.

Bagaimana Cara Mencari Orderan Jahitan?

Nah, bagaimana sih cara mengembangkan usaha jahit rumahan? Tidak usah khawatir, kita belajar bersama di sini. Penasaran? Yuk baca artikel berikut ini:

Jadikan Keluarga Dekat Sebagai Influencer

Anggap kita memang baru banget untuk membuka jasa jahit baju. Bagaimana orang bisa mempercayai usaha kita kalau belum ada contohnya? Nah cara mempromosikan usaha kita yaitu dengan membuatkan baju orang terdekat kita untuk dikenal orang.

Kita bisa buat baju untuk dipakai sendiri, suami, anak, keponakan, dan saudara. Ketika mereka memakainya, hal tersebut sama dengan promosi mengenalkan hasil karya kita. Pas mereka tertarik, pasti langsung berkunjung ke lapak kita dan order pakaian. Kita pun dapat client baru.

Melakukan Kerjasama dengan Pelaku Usaha Lain

Jika kita memang tidak bisa mengandalkan usaha sendiri, cara mencari orderan jahitan yang paling tepat adalah dengan melakukan kerjasama dengan instansi atau pelaku usaha lain. Misalnya sekolah, kantor, perusahaan lain. Ketika mereka butuh tukang jahit untuk seragam, kita yang akan dihubungi.

Cara Mencari Orderan Jahitan - bisnis jahit online - Cara Mencari Orderan Jahitan
Melakukan Kerjasama dengan Pelaku Usaha Lain

Kita juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak sesama pelaku usaha jahit, seperti konveksi atau penjahit lain. Jari yang menerima order jahitan dibawa pulang untuk menambah pemasukan kita. Tidak apa-apa kita bekerja untuk orang dahulu, hitung-hitung melancarkan skill menjahit kita.

Lakukan Promosi Jasa Jahit Kita

Kalau mereka tidak kenal tentang jasa jahit kita, berarti kita yang harus mengenalkan pada mereka. Caranya bagaimana? Ya dengan melakukan promosi, baik bisnis jahit online ataupun offline. Untuk online, kamu bisa promosi di media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, dan sebagainya.

Bagaimana untuk promosi offline? Mulailah dengan memasang banner di kios jahit kita, membagikan selebaran kertas iklan, atau dengan memberitahu teman jika kita memang sedang buka jasa jahit di rumah. Intinya kedua promosi ini haruslah kita lakukan.

Pasarkan Hasil Jahitan Langsung ke Konsumen

Cara mencari orderan jahitan selanjutnya adaalah dengan memasarkan hasil jahitan kita. Jangan menunggu umpan untuk menendang bola, sekali-kali kitalah yang harus menjemputnya. Buat beberapa sample jahitan, misalnya baju anak, rok anak, daster dan sebagainya.

Kemas satu-satu dalam plastik dan coba tawarkan pada ibu-ibu komplek atau komunitas. Seperti komunitas pengajian, perkumpulan ibu-ibu wali siswa, dan banyak lagi. Kamu juga bisa menitipkan hasil jahitan ke kios baju atau pasar terdekat. Jangan lupa kasih label ya.

Ikuti Event dan Pameran

Untuk mengikuti event ini kita harus bergabung dulu dengan komunitas, seperti UMKM, Fatayat, Dinas Koperasi, dan sebagainya. Gabunglah pada komunitas tersebut dan ketika mereka mengadakan event, ikutilah pameran yang mereka selenggarakan.

order jahitan dibawa pulang - Cara Mencari Orderan Jahitan
Ikuti Event dan Pameran

Kita bisa menampilkan hasil jahitan sekaligus praktek bagaimana cara mencari orderan jahitan. Jangan lupa berikan brosur atau pamflet pada pengunjung pameren atau bazar agar mereka tertarik menjahitkan bajunya ke kita.

Tips Agar Bisnis Jahit Online dan Offline Kita Terus Berkembang

  1. Kita harus memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan agar mereka bisa repeat order dan merekomendasikan jasa jahitan kita pada orang lain.
  2. Tetap jaga kualitas jahitan kita dengan lebih baik dan konsisten.
  3. Selalu update skill menjahit dan ikuti tren fashion terbaru agar bisa menawarkan jasa jahitan yang lebih menarik.

Itulah tadi beberapa cara mencar orderan jahitan agar usaha jahit kita lancar dan makin banyak pembeli. Intinya jangan pernah patah semangat. Selalu promosi dan update skill untuk mengembangkan usaha jahitan kita. Kalau kamu butuh penjahit untuk baju balita, jangan lupa kontak aku, ya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu