Aneka Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Aneka Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit
- Sangat banyak sekali ragam pemanfaatan limbah kain perca. Masalahnya adalah bagaimana jika kita tidak punya mesin jahit?

Tenang, jangan panik. Kita masih bisa kok berkreasi dengan kain perca tanpa mesin jahit. Pastinya bukan full murni tanpa diijahit. Jika ada bagian yang perlu dijahit, kita jahit pakai benang dan jarum. So kerajinan kain perca kali ini kita bikinnya yang simple-simple saja.

Baca Juga : Mengenal Macam-macam Tusuk Hias dan Gambarnya untuk Kreasi Makin Cantik

Apa Saja Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit yang Bisa Kita Buat?

Banyak kok yang bisa kita bikin dari limbah kain perca tanpa harus punya mesin jahit terlebih dahulu. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pita Cantik

Nah, ini legend banget nih. Kamu bisa bikin pita dengan kain perca. Caranya ambil kain selebar kertas folio. Letakkan secara horizontal. Tekuk atas dan bawahnya.

Apa Saja Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit yang Bisa Kita Buat?
Pita Perca Cantik

Lalu gantian bagian sampingnya. setelah itu lengahnya bisa kamu kerutkan dengan benang. Pita cantik dari kain perca ini nantinya bisa kamu aplikasikan menjadi hiasan baju, untuk jepit rambut, atau bros.

Gantugan Kunci Perca

Kamu bisa bikin gantungan kunci perca dengan berbagai karakter. Misalkan hewan, awan, bintang, dan lainnya. Jelujur sekelilingnya terus balik. Isi dengan dakron. Lalu tutup dengan tusuk jelujur. Awalnya mungkin terlihat jelek, tapi setelah latihan pasti hasilnya akan bagus.

Bunga Kain Perca

Kerajinan perca ke dua yang bisa kita lakukan tanpa mesin jahit adalah bunga dari kain perca. Caranya gampang. Ambil gelas kecil sebagai cetakan. Bikin lima lingkaran. Ambil satu lingkaran.

Apa Saja Kerajinan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit yang Bisa Kita Buat?
Bunga Kain Perca

Tekuk menjadi setengah lingkaran. Jelujur dengan benang dan eratkan. Lakukan sampai habis. Bunga ini bisa kamu pakai untuk bross ataupun jepit rambut.

Srunchie

Apa sih scrunchie? Itu lho, ikat rambut. kamu bisa bikin ikat rambut hanya dengan kain perca dan kolor atau elastis. Buatnya gampang. Potong kain sekitar 8x45 cm. Satukan ujungnya. Lalu jahit bagian atas dan bawahnya. Terus Balik. 

si dengan kolor kecil dengan panjang 15 cm. Ikat rambut sudah jadiii. Oh iya, kalau kamu kerepotan mau bikinnya, bisa pesan di aku yaaa .... 

Sebenarnya masih banyak lagi aneka kerajinan dari kain perca yang bisa kita bikin. Seperti tatakan gelas, pembatas buku, dan banyak lagi.

Cuma karena aku belum siap dengan gambar cara membuatnya, lain waktu aku tambahin beserta gambarnya. Okey

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu