8 Macam-macam Gunting Jahit untuk Kain dan Fungsinya - Penjahit Wajib Tahu

8 Macam-macam Gunting Jahit untuk Kain dan Kegunaannya - Penjahit Wajib Tahu

Ketermpilan menjahit selain kita berkenalan dengan jarum, benang, dan kain, kita juga harus tahu tentang jenin jenis gunting dan fungsinya. Ini sangat penting, sebab jika tertukar akan menjadikan gunting tersebut mengalami penurunan ketajaman.

Baca Juga : Seperti Apa Kain Flanel? Inilah Kelebihan, Kekurangan, dan Kegunaannya

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya

Untuk kamu yang baru terjun di dunia jahit menjahit atau juga crafting, yuk kenalan sama beberapa aneka macam gunting ini. Biar hobi kreasi kita makin lebih baik

Gunting Kain

Gunting yang wajib kamu punya ketika ingin berkreasi dengan bahan kain yaitu gunting kain. Gunting ini terasa lebih berat daripada gunting kertas. Sesuai namanya, fungsi gunting kain ini sendiri adalah untuk memotong kain.

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Kain

Gunting kain memiliki gagang yang nyaman digenggam dan mata pisau yang tajam serta kuat untuk memotong berbagai jenis kain. Pastikan kamu sudah punya gunting kain di rumah yaaa.

Gunting Kertas

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Kertas

Setelah gunting kain, kamu juga harus punya gunting kertas. Fungsinya adalah untuk menggunting kertas. Penjahit juga butuh kertas saat membuat pola lho ya. Ketika kamu bikin pola atau mal di kertas, jangan digunting pakai gunting kain, nanti gunting kainmu mengalami ketajaman.

Gunting Zig Zag

Gunting zig zag memiliki mata pisau bergerigi. Gunting ini digunakan untuk memotong kain dengan pola zig zag, sehingga bagian tepi kain tidak mudah terurai. Gunting zig zag cocok digunakan untuk kain yang mudah berjumbai, seperti kain jersey.

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Zig Zag

Gunting zig zag juga sangat berguna buat kamu yang hobi craft, yaitu agar permukaan kain yang kita balik bisa lebih rapi. Anggap saja ini pengganti cekris pada bagian buruk kain sebelum dibalik.

Gunting Benang

Macam-macam gunting jahit selanjutnya adalah gunting benang. Gunting benang memiliki ukuran yang lebih kecil dari gunting kain dan mata pisau yang lebih runcing. Gunting benang digunakan untuk memotong benang jahit dan sisa benang pada kain.

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Benang

Mengapa harus guting benang? Agar tanganmu tidak capek dengan gunting besar saat hendak memotong sisa benang jahit saat finishing.

Gunting Bordir

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Bordir

Gunting bordir memiliki ujung mata pisau yang runcing dan sedikit bengkok. Gunting ini digunakan untuk memotong benang bordir dan membersihkan sisa benang pada kain bordir. Gunting ini menjadikan hasil bordiran kamu bisa lebih rapi.

Rotary Cutter

Rotary cutter sebenarnya bukan gunting, tetapi alat pemotong kain berbentuk pisau putar. Rotary cutter biasanya digunakan bersama dengan mat potong untuk memotong kain secara presisi. Gunting melingkar ini biasa digunakan untuk memotong kain dalam jumlah banyak.

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Rotary Cutter

Seperti membuat seragam atau perusahaan konveksi. Kalau usaha jahit kamu sudah besar dan menerima orderan seragam dengan size yang sama, kamu wajib punya gunting ini untuk mempersingkat waktu memotong kain.

Gunting Listrik

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Listrik

Gunting listrik adalah alat yang digunakan untuk memotong berbagai macam bahan, termasuk kain, kertas, plastik, dan karet. Gunting listrik memiliki pisau yang digerakkan oleh motor listrik, sehingga lebih mudah digunakan daripada gunting manual.

Gunting Panas

Macam-Macam Gunting Jahit dan Fungsinya
Gunting Panas

Gunting panas, juga dikenal sebagai gunting solder, adalah alat yang digunakan untuk memotong dan menyegel plastik. Gunting panas memiliki dua pisau yang dipanaskan secara elektrik, yang melelehkan plastik saat dipotong. Ini mencegah plastik terurai dan menciptakan tepi yang halus dan rata.

Tips Memelihara Gunting Agar Tetap Tajam dan Awet

Kamu sudah tahu apa saja macam-macam gunting jahit beserta fungsinya, kali ini kita bahan bagaimana sih cara merawat gunting bisa bisa tetap awet. Penasaran? Yuk cek penjelasannya di bawah ini.

Gunakan Gunting Sesuai dengan Fungsinya.

Jangan gunakan gunting kain untuk memotong bahan yang keras, seperti logam atau plastik. Jangan pula gunakan gunting benang untuk memotong bahan yang tebal, seperti kain.

Simpan Gunting dengan Benar.

Simpan gunting di tempat yang kering dan tidak lembab. Jagan menyimpan gunting di dekat benda cair, sebab kalau tersiram, gunting kamu akan mengalami penurunan ketajaman. Simpan juga gunting dalam keadaan tertutup, agar mata pisau tidak terpapar udara.

Asah Gunting Secara Berkala.

Bawalah gunting ke tukang asah untuk diasah secara berkala. Kamu juga dapat menggunakan batu asah untuk mengasah gunting sendiri di rumah. Kalau aku sendiri biasanya mengasah gunting dengan menggosokkan ke kepala botol.

Hindari menjatuhkan gunting.

Jatuhnya gunting dapat merusak mata pisau dan membuatnya tumpul. Ini merupakan penyebab terbesar kenapa gunting di rumah sering tiba-tiba tumpul. Setelah diamati ternyata karena habis jatuh.

Itulah tadi adalah beberapa macam jenis gunting beserta fungsinya. Kamu bisa memakai gunting sesuai dengan kegunaannya dan jangan ditukar-tukar ya. Gunting kain ya untuk kain, gunting kertas ya untuk kertas.

Sebagai bonus dariku, kamu juga dapat artikel tentang bagaimana cara menyimpan gunting dengan benar agar tetap terjaga ketajamannya. Simpan di tempat yang tidak lembab, jangan terkena air, asah gunting secara berkala dan jangan dijatuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berkreasi.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu