Macam Macam Mesin Jahit Lengkap Beserta Fungsinya

Macam Macam Mesin Jahit Lengkap Beserta Fungsinya

Macam Macam Mesin Jahit
 - Mesin jahit adalah suatu hal paling harus dimilik oleh para pelaku bisnis di dunia jahit-menjahit, baik itu konveksi, garment, butik, usaha jahit rumahan, ataupun tukang permak. Tanpa mesin jahit, tidaklah mungkin usaha-usaha tersebut dapat berkembang dengan maksimal.

Baca Juga : 8 Macam-macam Gunting Jahit untuk Kain dan Fungsinya

Macam Macam Mesin Jahit

Pemilihan mesin jahit yang cocok sering menjadi pertanyaan dan pertimbangan tersendiri bagi mereka yang baru menekuni usaha ini. Sebagai acuan, kali ini kita akan menyajikan macam macam mesin jahit dan harganya untuk membantumu yang sedang menginginkan informasi ini.

1. Mesin Jahit Tradisional

Macam-macam mesin jahit yang pertama adalah mesin jahit tradisional. Yang seperti apa, sih, mesin jahit tradisional itu? Yang namanya tradisional berarti otak kita langsung mengarah pada zaman dahulu.

Kalian pernah lihat mesin jahit tanpa listrik, kan, yaa?Nah, itulah yang dimaksud mesin jahit tradisional. Mesin jahit ini berupa mesin jahit jahit hitam yang menggunakan tenaga manusia (manual) sebagai pengoprasiannya.

Mesin Jahit Tradisional
Mesin jahit tradisional

Mesin jahit tradisional dulu cukup bisa diandalkan bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki mesih jahit murah dan berkualitas. Karena mesin jahit ini tanpa mesin, bisa juga berfungsi sebagai alat olahraga.

Namun, seiring berkembangnya zaman, mesin ini pun juga sudah sedikit ditinggalkan dan beralih dengan mesin jahit listrik.

2. Mesin Jahit Listrik

Namanya saja mesin jahit listrik, ya tentu pakai listrik sebagai penggeraknya. Hehehee. Mesin jahit listrik ini ada yang modern, ada juga yang masih tradisional.

Yang modern seperti mesin jahit portable, mesih jahit servo, mesin jahit juki, dan lain-lain. Untuk mesin jahit listrik tradisional gambar mesin jahit seperti mesin jahit tradisional, hanya saja pakai mesin.


Mesin Jahit Listrik
Macam macam mesin jahit : Mesin jahit listrik

Mesin jahit tradisional yang awalnya manual, kini dimodifikasi menjadi mesin jahit listrik dengan tambahan dinamo. Hasil modifikasinya tentu saja sangat berguna bagi si pemakai. 

Selain tidak terlalu membutuhkan tenaga banyak, hasil modifikasi mesin jahit tradisional ini pun tentunya bisa menyingkat waktu dalam proses produksi.

3. Mesin Jahit Portable

Macam macam mesin jahit selanjutnya adalah mesin jahit portable. Mesin jahit ini tidak tetap dan bisa di bawa ke mana-mana. Bagi kalian yang belum punya cukup tempat, atau tempat di rumah terbatas, tapi ingin punya mesin jahit, mesih jahit portable lah solusinya.   

Mesin Jahit Portable
Mesin jahit singer

Kalian tidak perlu memikirkan tempat seperti jika membeli mesih jahit full size. Mesin jahit portable bisa kalian letakkan pada meja yang tidak terpakai di rumah.

Di samping tidak memakan banyak tempat, bodi mesin jahit ini pun terbilang cukup cantik dibanding dengan mesin jahit listrik biasa. Contoh dari mesin jahit portable ini adalah seperti mesin jahit portable mini, mesih jahit Butterfly JH 8530A, mesih jahit singer start 1306 dan lainnya.

4. Mesin Jahit Portable Mini

Belakangan ini banyak aku lihat gambar-gambar yang beredar di online shop, baik marketplace atau pun sosmed tentang yang menjual mesin jahit portable mini ini. Bentuknya cukup kecil (namanya saja mini), lucu, tapi kalau dibuat kerja tidak recommended, deh.

Mesin Jahit Portable Mini
Mesin jahit portable mini


Mesin jahit portable mini ini bisa memakai dua sumber tenaga, yakni pakai batrai, juga pakai listrik. Jadi, kalau listrik padam, bisa pakai batrai. Jika batrai habis, bisa pakai listrik. Cukup menarik, sih. Namun, sesuaikan juga dengan bahan yang akan dijahit.

Masing-masing mesin jahit tentu punya standar jahitan sendiri, sama seperti mesin jahit mini portable ini. Dilihat dari ukuran, tentunya mesin jahit ini hanya cocok digunakan untuk kain-kain tipis saja, seperti membuat pita kain katun, paris, dan lain-lain. 

Lama penggunaan pun harus kamu sesuaikan. Jangan sampai mesin jahit portable mini ini jadi kelelahan karena kalian tidak tahu batas tenaganya. Menurutku, mesin ini hanya cocok digunakan untuk menjahit jahitan yang lepas, menjahit kerajinan tangan seperti membuat pita kain, dan kerajinan tangan lainnya.

Kekurangan Mesin Jahit Portable

Mesin jahit portable banyak sekali kelebihannya, di antaranya bodi yang cukup cantik, pola jahitan yang banyak, serta tidak memerlukan banyak tempat. Namun, di balik kelebihan itu tentunya ada beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan mesin jahit portable menurutku.

1. Kekurangan Mesin Jahit Portable Karena Berbodi Plastik

Di mana-mana, besi pasti lebih kuat dari plastik. Begitu pun dengan mesin jahit. Karena bahan mesin jahit portable terbuat dari plastik, tentu hal ini menjadi kekurangan tersendiri dari mesin jahit portable ini.

2. Suka Pilih Pilih Bahan Merupakan Kekurangan Mesin Jahit Portable

Tidak semua kain bisa dijahit dengan mesin jahit portable. Mesin jahit ini kebanyakan hanya menerima kain dengan ketebalan tertentu saja. Bukan hanya tentang ketebalan, mesin jahit ini juga tidak bersahabat dengan bahan yang licin dan melar, seperti jersey, sutra, dan lain-lain. 

Jadi, jika ingin menjahit bahan jeans tebal, atau menjahit kerudung berbahan sutra atau jersey, jangan nekat untuk memakai mesin jahit pertable, ya. 

3. Tension Benang Bisa Berubah Sendiri

Nah, ini merupakan kekurangan mesin jahit portable yang paling menjengkelkan. Tension atau ketegangan benang yang sudah diatur sedemikian rupa, ketika dibuat menjahit, bisa berubah sendiri. 

Mungkin ini karena mesin jahit portable tidak dilengkapi meja, sehingga getarannya bisa membuat putaran tensi benang mengendor dengan sendirinya.

5. Mesin Jahit Serbaguna

Mesin jahit serbaguna adalah mesin jahit yang bisa digunakan untuk menjahit beberapa pola. Maksudnya, mesin jahit ini tidak hanya bisa menjahit lurus saja, tetapi juga bisa menjahit pola lain. Pola tersebut seperti jahitan berbentuk bunga, bulan sabit, zig-zag, segitiga, dan lain-lain.

Kok bisa?

Bisa, dong! Teknologi semakin canggih. Jahitan yang awalnya hanya lurus, bisa diperindah dengan berbagai motif jahitan dengan mesit jahit serbaguna ini. 


Mesin Jahit Serbaguna
Mesin jahit serbaguna - Macam macam mesin jahit

Tidak hanya itu, mesin ini ternyata bisa membuat lubang kancing otomatis juga, lho. Jadi, dengan mesin jahit serbaguna, kalian tidak perlu lagi membeli mesin jahit khusus lubang kancing atau pun alat lubang kancing (mesin itik). 

Untuk mesin jahit serbaguna ini pun, ada dua macam. Ada yang otomatis (langsung ada putaran sebagai stel ganti pola) ada juga yang memakai cam (cetakan pola). Umumnya mesin jahit serbaguna otomatis adalah sejenis mesin jahit portable, seperti mesin jahit Butterfly JH 8530A dan lain-lain.

Mesin Jahit Butterfly JH 8530A

Seri dari mesin jahit Butterfly JH 8530A adalah termasuk mesin jahit portable serbaguna. Ada sekitar 23 motif jahitan yang bisa kalian aplikasikan pada jahitan pakaianmu. Pemakaiannya pun cukup mudah. Karena otomatis, kalian tidak perlu mengganti cam jika ingin mencoba pola jahitan baru.

Mesin Jahit Butterfly JH 8530A
Mesin jahit Butterfly JH 8530A

Selain itu, mesin jahit Butterfly JH 8530A juga dilengkapi dengan alat lubang kancing, sepatu jahit untuk memasang kancing, alat pemutus benang, juga alat untuk membantu memasukkan benang di jarum.

Satu lagi, mesin jahit ini juga dilengkapi dengan pola semi obras dan semi neci. So, bagi kalian yang belum punya dana untuk beli mesin obras rumahan atau pun neci, kalian bisa beli mesin jahit ini.

Apakah Mesin Jahit Portable Cepat Rusak

Pertanyaan yang sangat ‘nganu’ banget. Tentang apakah mesin jahit portable cepat rusak atau tidak, menurutku, tergantung pemakaiannya. Juga faktor keberuntungan. Ada yang beli, beberapa hari kemudian langsung rusak.

Ada juga yang memberi mesin jahit portable, meski sudah beberapa tahun, tapi masih sehat sentosa.  Namun, dilihat dari beberapa kekurangan tadi, sedikit banyak bisa disimpulkan jika mesin jahit portable tentu lebih rentan rusak daripada mesih jahit full size.

Oleh karena itu, jika punya mesin jahit portable, rawatlah dengan sebaik mungki. Jangan lupa untuk membeli pelumas singer atau merk lain untuk mesin jahitmu.

6. Mesin Jahit Bordir Komputer

Zaman serba canggih, mesin jahit bordir pun tak mau kalah. Sekarang, bordir sudah tak lagi hanya dilakukan manual, melainkan dengan mesin jahit bordir komputer. Kalian tinggal membuat desainnya di komputer yang sudar terkonfigurasi dengan mesin jahit.

Mesin Jahit Bordir Komputer
Mesin jahit bordir komputer

Dengan menggunakan mesin jahit bordir komputer ini, kalian yang tidak punya basic membordir pun bisa membuat hiasan bordiran cantik. Hasil desain bordir bisa kalian aplikasikan pada sajadah anak, bordir baju koko, dan lain-lain.

7. Mesin Obras Rumahan

Kalau skala usaha jahitmu masih kelas rumahan atau bahkan hanya menggunakan mesin jahit untuk pribadi (bukan untuk membuka usaha jahit), cukup mesin obras rumahan atau mesin obras benang 3 yang kamu butuhkan.  Mesin obras ini merupakan mesin obras kecil berbodi besi dengan kualitas tak kalah dengan mesin obras industri.

Mesin Obras Rumahan
Mesin obras benang 3

Harga dari mesin obras benang 3 atau mesin obras rumaha ini pun cukup murah dibanding dengan mesin obras lainnya. Hanya bermodalkan 1 juta, kamu sudah bisa membawa pulang mesin obras rumahan ini dalam keadaan baru.

8. Mesin Obras Kaos

Jika tadi membahas mesin obras rumahan, kali ini adalah mesin obras kaos. Mesin obras kaos tentunya lebih canggih dari mesin obras benang 3. Mesin ini didesain khusus untuk mengobras kaos yang memiliki karakteristik melar. 
Mesin Obras Kaos
Mesin obras kaos

Jika memakai mesin obras rumahan untuk mengobras kaos, hasilnya tidak maksimal. Pasti ada sedikit kerutan pada kain. Malah kadang sama sekali benang tidak nyangkut. Oleh karena itu, jika memang usahamu bergelut di bidang kaos, belilah mesin obras kaos ini.

9. Mesin Jahit Sekaligus Obras

Ada lagi, nih, macam-macam mesin jahit lainnya, yaitu mesin jahit sekaligus obras. Mesin jahit jenis ini bisa menjahit sekaligus langsung mengobras, sama seperti mesin jahit overdeck. Dengan mesin jahit sekaligus obras, waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu pakaian bisa lebih cepat.

Mesin Jahit Sekaligus Obras
Mesin jahit overdeck

10. Mesin Jahit Tangan Portable

Pernah lihat mesin jahit tangan portable? Itu lho yang bentuknya kecil seperti stapler. Ini juga termasuk mesin jahit lho. Tapi untuk kamu yang memang niat jadi penjahit, mesin jahit ini sama sekali tidak aku rekomenndasikan. Ini cukup sebagai mesin jahit darurat untuk yang belum mambu beli mesin jahit saja.

Macam Macam Mesin Jahit Lengkap Beserta Fungsinya
Mesin jahit tangan portable

Mesin jahit tangan portable juga dikenal sebagai mesin jahit tangan atau mesin jahit mini, adalah mesin jahit yang kecil, ringan, dan mudah dibawa-bawa. Mesin jahit tangan portable ini biasanya digunakan untuk jahitan sederhana, perbaikan cepat, atau proyek jahitan ringan.

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Staples

Berikut adalah cara menggunakan mesin jahit mini staples atau mesin jahit tangan portable:

1. Persiapkan mesin jahit

Pastikan kamu memiliki mesin jahit tangan portable, benang yang sesuai, dan jarum yang cocok dengan jenis kain yang akan dijahit. Periksa juga apakah mesin jahit telah diisi baterai atau memiliki sumber daya yang cukup.

2. Pasang benang pada mesin

Ambil gulungan benang dan masukkan ujungnya melalui mata jarum. Beberapa mesin jahit tangan memiliki pengaturan khusus untuk memasukkan benang ke dalam mesin. Ikuti petunjuk pada mesin atau petunjuk pengguna untuk memasukkan benang dengan benar.

3. Persiapkan kain yang akan dijahit

Cara menggunakan mesin jahit mini staples selanjutnya adalah potong kain sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, dan pastikan ujung kain telah dilipat atau dirapikan sebelum menjahit.

4. Pegang mesin jahit dengan benar

Pegang mesin jahit dengan satu tangan di bagian atas dan satu tangan di bagian bawah. Pastikan jari-jari Anda tidak berada di dekat jarum saat menjahit untuk menghindari cedera.

5. Mulai menjahit

Tempatkan kain di bawah jarum dengan posisi yang diinginkan. Pegang ujung benang yang keluar dari jarum dengan tangan Anda dan mulai menjahit dengan perlahan. Beberapa mesin jahit tangan portable menggunakan tuas atau tombol untuk mengendalikan kecepatan jahitan.

6. Terus menjahit

Lanjutkan menjahit dengan menggerakkan mesin jahit maju ke arah yang diinginkan. Pastikan Anda menjahit dengan perlahan dan teratur untuk menjaga kestabilan jahitan. cara menggunakan mesin jahit mini staples

7. Mengakhiri jahitan

Setelah selesai menjahit, lepaskan kain dari mesin jahit dengan hati-hati. Jepit benang dengan jari Anda dan putar mesin jahit untuk mengangkat jarum keluar dari kain. Kemudian potong benang dengan gunting.

8. Periksa jahitan

Periksa jahitan yang baru Anda buat untuk memastikan kekuatan dan keindahannya. Jika perlu, lakukan penyesuaian atau perbaikan tambahan.

Mesin jahit tangan portable adalah alat yang sederhana dan mudah digunakan. Namun, jahitan yang dihasilkan mungkin tidak sekuat atau seakurat mesin jahit listrik yang lebih besar.

Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disertakan dengan mesin jahit tangan portable untuk informasi lebih rinci mengenai penggunaan dan perawatan mesin tersebut.

Rekomendasi Mesin Jahit untuk Pemula

Jika kamu adalah seorang pemula yang tertarik untuk memulai menjahit, ada beberapa opsi mesin jahit yang cocok untukmu. Berikut adalah beberapa rekomendasi mesin jahit untuk pemula:

1. Mesin Jahit Portable

Mesin jahit portable biasanya ringan dan mudah dibawa. Mereka biasanya memiliki fitur dasar yang cukup untuk pemula dan lebih terjangkau secara harga. Mesin jahit portable cocok untuk pemula yang ingin belajar menjahit dasar dan proyek-proyek kecil.

2. Mesin Jahit Listrik - Mesin Jahit untuk Pemula

Mesin jahit listrik lebih canggih dan memiliki lebih banyak fitur daripada mesin jahit portable. Mereka dapat menangani berbagai jenis kain dan memiliki berbagai macam jahitan yang tersedia. Mesin jahit listrik umumnya lebih tahan lama dan cocok untuk pemula yang ingin mengambil hobi menjahit dengan serius.

3. Mesin Jahit Kombinasi

Beberapa mesin jahit memiliki opsi kombinasi dengan mesin bordir atau mesin overlock. Mesin jahit kombinasi ini memungkinkan kamu dalam menjahit dan melakukan bordir atau penyelesaian tepi pada kain dengan satu mesin.

Namun, mesin jahit kombinasi ini biasanya lebih mahal dan memiliki kurva pembelajaran yang lebih tinggi.

Tips Memilih Mesin Jahit untuk Pemula

Bagaimana sih, cara memilih mesin jahit untuk pemula? Nggak usah bingung. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk kamu para pemula dalam menentukan macam macam mesin jahit yang akan kamu beli:

- Merek yang Populer

Ada beberapa merek mesin jahit yang terkenal dan dikenal dengan kualitasnya, seperti Singer, Brother, Janome, dan Juki. Merek-merek ini menawarkan berbagai pilihan mesin jahit untuk pemula dengan harga yang bersaing dan kualitas yang baik.

- Harga yang Terjangkau

Saat memilih mesin jahit untuk pemula, pertimbangkan juga anggaranmu, proyek apa yang ingin kamu lakukan, dan tingkat kenyamanan dengan teknologi mesin jahit. Jangan ragu untuk membaca ulasan dan membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan sebelum membuat keputusan pembelian.

Itu tadi adalah macam-macam mesin jahit dan harganya bisa kamu lihat sendiri di toko mesin jahit offline terdekat, atau bisa dengan cek di marketplace andalanmu. Untuk rekomendasi mesin jahit untuk pemula, mesin jahit yang bagus untuk usaha konveksi ataupun macam-macam mesin jahit industri bisa kalian nanti di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu